STRATEGI KOMUNIKASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL WITTER OLEH PT TRANSPORTASI JAKARTA
Abstract
Twitter menjadi bukti munculnya media baru yang membantu proses komunikasi di era saat ini. Proses komunikasi yang terjadi di Twitter mendorong pelayanan publik untuk terhubung dengan masyarakat guna memberikan yang terbaik, salah satunya dilakukan oleh PT Transportasi Jakarta. Melalui akun Twitter @PT_Transjakarta, PT Transportasi Jakarta memberikan berbagai informasi terkait Transjakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi penggunaan media sosial Twitter yang dilakukan oleh PT Transportasi Jakarta dalam menyampaikan informasi tentang Transjakarta melalui mempelajari konsep media baru yang hadir selama penggunaan Twitter oleh PT Transportasi Jakarta dan konteks komunikasi apa yang tercipta darinya. proses komunikasi akun Twitter PT Transportasi Jakarta. dengan penumpang menggunakan tahapan analisis konten menurut Krippendorff. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang didukung dengan teknik keabsahan data triangulasi sumber untuk menguji keabsahan penelitian dengan melibatkan sumber lain sebagai tambahan data yang dilakukan melalui wawancara dengan informan kunci dan informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media baru berbasis media sosial oleh PT Transportasi Jakarta dinilai dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Hadirnya konteks komunikasi kelompok kecil, komunikasi interpersonal, dan komunikasi massa yang terjadi dalam penggunaan media sosial Twitter oleh PT Transportasi Jakarta. Lalu ada strategi komunikasi penggunaan media sosial Twitter yang dilakukan PT Transportasi Jakarta terlihat dari penggunaan fitur Twitter seperti hashtag dan reply untuk memudahkan penumpang mencari informasi Transjakarta.