UPAYA MENERAPKAN SELLING TECHNIQUE OLEH FRONT DESK AGENT TERHADAP TINGKAT PENJUALAN KAMAR DI ARTOTEL YOGYAKARTA
Abstract
Dalam menjual kamar kepada tamu, front desk agent hendaklah melakukannya dengan mempergunakan tehnik agar kamar yang tipe tertinggi juga ditawarkan, sehingga tamu mengetahui jenis jenis akomodasi kamar yang ada di ARTOTEL Yogyakarta. Pilihan tamu tidak bisa ditebak dalam memilih kamar yang akan mereka tempati, tetapi pengaruh front desk agent memegang peran penting agar tamu bisa mendapatkan kamar yang terbaik dari hotel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, untuk mendapatkan data primer dan data sekunder, dilakukan wawancara, observasi, angket dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya front desk agent dalam menerapkan selling technique di ARTOTEL Yogyakarta pada kriteria sangat baik 27,78%, kriteria baik 38,89%, dan kriteria cukup baik sebesar 27,78% dan kriteria tidak baik sebesar 5,55%. Metode yang digunakan ARTOTEL Yogyakarta untuk meningkatkan tingkat penjualan kamar dari metode Up-Selling.