MANAJEMEN PELAYANAN IBADAH HAJI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KONAWE , SULAWESI TENGGARA
Abstract
Manajemen Pelayanan Ibadah Haji Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Konawe. Jenis penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder sedangkan teknik analisis data dilakukan melalui model analisis interaktif. Sesuai dengan hasil analisis dapat diketahui tentang; 1) Gambaran Umum Kantor Kementerian Agama Kabupaten Konawe sebagai objek penelitian, 2) Manajemen Pelayanan Ibadah Haji Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Konawe yang mengandung Tiga Dimensi Manajemen Penyelenggaraan Ibadah Haji yang meliputi; 1) Pelayanan, 2) Pembinaan, dan 3) Perlindungan, menurut UU Nomor 17 Tahun 1999, KMA Nomor 244 Th.1999, UU Nomor 13 Tahun 2008. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa, secara keseluruhan, penyelenggaraan pelayanan ibadah haji di Kantor Kementerian Agama kabupaten Konawe telah terlaksana relative baik. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan Penyelenggaraan ibadah haji yang telah dilaksanakan baik secara formal maupun informal, namun adahal yang perlu dilakukan oleh Kementerian Agama Kabupaten Konawe khususnya pada Seksi Haji dan Umroh yaitu menjalin kerja sama dengan media lokal di Kabupaten Konawe.